Pengertian Sensus penduduk, Jenis dan Metode Sensus Penduduk

Pengertian Sensus penduduk, Jenis dan Metode Sensus Penduduk
Pengertian Sensus penduduk, Jenis dan Metode Sensus Penduduk

Pengertian Sensus Penduduk 

Sensus penduduk adalah perhitungan penduduk suatu Negara dengan cara mengumpulkan, menghimpun dan menyusun data penduduk pada waktu dan tempat tertentu

Di Indonesia, sensus penduduk dilakukan sepuluh tahun sekali, sedangkan di beberapa negara lain, terutama negara industri maju, sensus penduduk dilakukan lima tahun sekali. Sensus penduduk dilaksanakan oleh badan-badan resmi tertentu milik pemerintah.

Lembaga yang bertanggung jawab untuk melakukan sensus penduduk adalah pegawai yang berasal dari Badan Pusat Statistik (BPS). Selain di tingkat pusat, BPS ada di daerah tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Sensus penduduk terbaru yang dilaksanakan oleh BPS yaitu pada tahun 2010.

Sensus Penduduk terbagi 2 yaitu :

  1. Sensus de jure :
    merupakan sensus penduduk yang didasarkan atas bukti hukum yang dimiliki penduduk. Salah satu bukti hukum, yaitu adanya Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Sensus de facto :
    pencatatan penduduk yang dilakukan pada setiap orang yang ditemui petugas di suatu daerah, walaupun orang yang ditemui bukan penduduk daerah yang bersangkutan. Contohnya, Adi adalah seorang penduduk yang secara sah bertempat tinggal dan menetap di Bukittinggi, tetapi ketika dilakukan sensus penduduk Ia sedang berada di Jakarta. Oleh karena itu, oleh petugas dicatat sebagai penduduk Jakarta.

Tujuan Sensus Pendusuk :

  1. Mengetahui perkembangan jumlah penduduk dari peniode ke periode;
  2. Mengetahui persebaran dan kepadatan penduduk di setiap wilayah;
  3. Mengetahui berbagai atribut sosial penduduk. seperti tingkat kelahiran, kematian, dan migrasi serta berbagai faktor yang memengaruhinya.

Metode sensus yang digunakan ada dua cara, yaitu:

  1. Canvasseryaitu sensus yang dilaksanakan dengan cara petugas mendatangi rumah-rumah penduduk dan mewawancarainya. Keuntungan canvasser adalah jelas dan dapat ditanyakan langsung hal-hal yang tidak dimengerti. Kerugiannya adalah memerlukan petugas dan waktu yang banyak.
  2. House holderyaitu sensus yang dilaksanakan dengan cara mengirim daftar pertanyaan atau angket yang disebarkan ke tiap-tiap rumah penduduk. Keuntungannya data cepat terkumpul. Keburukannya jika penduduk buta huruf tidak mampu mengisinya.
Tag
Pengertian Sensus Penduduk, Pengertian Sensus Penduduk, Macam-macam Sensus Penduduk, Pengertian Sensus penduduk, Jenis dan Metode Sensus Penduduk
Pengertian Sensus penduduk, Jenis dan Metode Sensus Penduduk Pengertian Sensus penduduk, Jenis dan Metode Sensus Penduduk Reviewed by mm on 05:06:00 Rating: 5
Powered by Blogger.